
Meta telah memperkenalkan alat riset baru bernama WorldGen yang mampu menciptakan dunia 3D interaktif hanya dari satu kalimat teks. Sistem ini dapat menghasilkan adegan virtual yang imersif dan dapat dinavigasi dalam waktu sekitar lima menit.
Teknologi ini memungkinkan konten langsung diekspor ke mesin game populer seperti Unity dan Unreal tanpa perlu konversi tambahan. WorldGen menggabungkan beberapa teknik AI, termasuk logika prosedural, generasi 3D berbasis difusi, dan dekomposisi adegan berorientasi objek.
Output yang dihasilkan bukan hanya elemen visual tetapi juga mencakup mesh navigasi lengkap sehingga karakter dapat bergerak tanpa terkendala jalur terblokir atau masalah fisika lainnya. Proses pembuatan melalui empat tahap dimulai dari perencanaan tata letak yang dibuat oleh model bahasa besar.
Selanjutnya, sistem merekonstruksi geometri adegan dengan memastikan area yang dapat dilewati tetap terbuka. Di tahap ketiga, adegan dipecah menjadi objek individu melalui metode bernama AutoPartGen. Tahap terakhir menambahkan tekstur resolusi tinggi dan memperhalus geometri agar kualitas visual optimal saat dilihat dari jarak dekat.
Meta menegaskan WorldGen mengatasi kendala umum pada adegan 3D generasi AI sebelumnya yang fokus pada kualitas visual namun kurang mendukung data tumbukan dan simulasi fisika. Versi saat ini mendukung lingkungan hingga ukuran 50×50 meter dengan rencana peningkatan di pembaruan mendatang.
Meski belum dapat menggunakan objek yang sama ulang sehingga dapat mempengaruhi performa dunia virtual besar, WorldGen diyakini mampu memangkas waktu prototipe bagi tim pengembang game. Saat ini, alat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia bagi pengembang.
WorldGen diharapkan akan sangat membantu dalam pengembangan game, simulasi pelatihan, dan desain digital twin dengan mengurangi pekerjaan manual dalam membuat lingkungan 3D siap pakai. Meta melihat potensi besar teknologi ini untuk mempercepat proses kreatif di berbagai sektor digital.
Dengan hadirnya WorldGen, pembuatan dunia 3D yang sebelumnya rumit dan memakan waktu lama dapat menjadi lebih efisien dan praktis. Ini menjadi langkah maju dalam penerapan AI untuk mendukung inovasi di industri game dan simulasi interaktif.





