All New Honda Vario 125 kini hadir dalam varian Street dengan desain setang telanjang yang lebih agresif. Model ini memperkenalkan perubahan yang membuatnya berbeda dari Honda BeAT Street yang sebelumnya sudah melenggang di pasaran.
Meski keduanya mengusung konsep setang telanjang, ada perbedaan mendasar dalam konstruksi dan distribusi bobot handle bar. Hikaru Yokomura, Large Project Leader Vario 125 dari Honda R&D Southeast Asia, menjelaskan bahwa Vario 125 Street menggunakan handle bar alumunium casting yang disesuaikan agar lebih rigid.
Rigiditas ini penting untuk memberikan sensasi berkendara yang mirip motor sport. Distribusi berat yang diatur khusus membuat pengendara merasakan kontrol optimal saat melaju di jalan. Dengan demikian, Vario 125 Street tidak sekadar tampil beda secara estetika, tetapi juga memiliki karakter handling yang unik.
Dari sisi performa, mesin Vario 125 Street tetap mempertahankan output power sebesar 8,2 kilowatt, setara dengan model sebelumnya. Namun, secara teknis mesin ini mengalami evolusi yang signifikan terutama pada bobotnya jadi lebih ringan. Pengurangan bobot ini berdampak pada efisiensi dan respons mesin saat digunakan.
Perubahan bobot mesin dapat membantu membuat pengendalian motor lebih lincah dan responsif, tanpa harus mengorbankan tenaga. Hal ini menunjukkan fokus Honda pada penyempurnaan performa melalui teknik rekayasa yang detail dan teliti.
Berikut beberapa perbedaan utama antara Honda Vario 125 Street dan Honda BeAT Street:
1. Model setang telanjang dengan alumunium casting khusus pada Vario 125 Street.
2. Distribusi dan bobot handle bar disesuaikan untuk menjaga rigiditas dan kestabilan.
3. Performa mesin Vario 125 Street tetap sama, namun bobot mesin lebih ringan.
4. Sensasi berkendara lebih sporty dan agresif pada Vario 125 Street.
Pilihan model setang telanjang pada Vario 125 Street sejalan dengan tren motor kekinian yang mengedepankan gaya dan performa. Dengan tuning dan pengembangan yang serius, motor ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan konsumen urban yang menginginkan skutik praktis sekaligus bergaya.
Informasi dari Hikaru Yokomura menegaskan bahwa pengembangan ini bukan sekedar perubahan visual. Tapi juga menyertakan inovasi teknis yang menjaga kenyamanan dan kontrol maksimal saat berkendara. Model ini semakin memperkuat posisi Honda Vario 125 sebagai salah satu skutik andalan di Indonesia.
Meski banyak persamaan dengan BeAT Street, Honda Vario 125 Street berdiri dengan ciri khas tersendiri dan menawarkan alternatif menarik bagi konsumen yang mencari skutik dengan karakter lebih tajam dan desain yang ikut mendukung gaya hidup aktif sehari-hari.
Baca selengkapnya di: www.suara.com





