
Toyota kembali menegaskan komitmennya menghadirkan mobil yang berorientasi pada emosi dan kepuasan pengemudi. GR GT merupakan wujud paling mutakhir dari transformasi Toyota, bergerak dari citra mobil fungsional menuju kendaraan sport yang membawa kebanggaan dan gairah.
Simon Humphries, Chief Branding Officer Toyota, secara tegas menyebut kembalinya “sisi emosional” ke seluruh lini produk mereka, tak hanya pada Lexus dan GR. Akio Toyoda, Chairman Toyota, bahkan mengakui perjalanan panjang dan tantangan mental yang dihadapi merek ini untuk membalik pandangan bahwa Toyota tak mampu bersaing dengan mobil balap Eropa di lintasan ikonik seperti Nurburgring.
Desain dan Nilai Emosional
GR GT dikembangkan sebagai sport flagship—mobil balap dengan legalitas jalan raya. Model ini mengusung filosofi warisan Toyota dalam membangun sports car emosional, mengikuti jejak pendahulunya seperti Toyota 2000GT dan Lexus LFA.
Akio Toyoda menyatakan bahwa capaian GR GT dan GR GT3 merupakan hasil “rasa sakit dan frustrasi” yang diubah menjadi inovasi. Ia menekankan pentingnya mewariskan “saus rahasia” dalam pembuatan mobil ke generasi berikutnya melalui visi dan dedikasi di pabrik, engineering, hingga desain.
Performa dan Teknologi
Fokus pertama mobil ini adalah kecepatan. GR GT dibekali mesin bensin V8 4.0 liter twin turbo yang dikombinasikan dengan sistem hibrida, menghadirkan tenaga lebih dari 650 PS dan torsi puncak 850 Nm. Mesin tersebut ditempatkan di depan dan menyalurkan tenaga ke roda belakang lewat transmisi otomatis 8 percepatan.
Toyota menargetkan angka-angka berikut untuk menunjang performa di atas rata-rata:
- Distribusi bobot 45% depan dan 55% belakang.
- Bobot total sekitar 1.750 kg dengan chassis full aluminium.
- Aerodinamika yang menjadi acuan sebelum desain eksterior final.
Desain aktual GR GT juga mengikuti pendekatan menempatkan pusat gravitasi rendah, rigiditas tinggi, serta aerodinamika maksimal. Material carbon fiber reinforced plastic (CFRP) turut menunjang bobot ringan dan kekuatan bodi.
Tabel Spesifikasi Utama Toyota GR GT:
| Komponen | Spesifikasi |
|---|---|
| Mesin | V8 4.0 L Twin Turbo Hybrid |
| Tenaga Maksimum | 650+ PS |
| Torsi Maksimum | 850+ Nm |
| Transmisi | Otomatis 8-percepatan |
| Bobot | ± 1.750 kg (target) |
| Distribusi Bobot | 45% (depan) / 55% (belakang) |
| Suspensi | Double wishbone depan-belakang |
| Rem | Cakram keramik karbon |
| Ukuran Ban | Depan: 265/35ZR20, Belakang: 325/30ZR20 |
Uji Performa dan Pengembangan
GR GT menjalani pengujian ketat menggunakan simulasi digital serta uji nyata di sirkuit balap, termasuk Toyota Technical Center Shimoyama, Fuji Speedway, dan Nurburgring. Metode pengembangan baru ini diadopsi dari pengalaman Toyota dalam kompetisi balap, menghasilkan data riil yang diterjemahkan ke performa jalan raya.
Dengan kombinasi teknologi mutakhir dan nilai emosional sebagai pusat pengembangannya, GR GT diyakini akan menjadi ikon baru yang menambah kebanggaan pemilik dan membawa adrenalin ke level berikutnya. Toyota menanamkan warisan “fun to drive” pada sport flagship ini, menargetkan antusiasme pasar global dan pecinta otomotif sejati.
Baca selengkapnya di: www.kompas.id





