11 Truk Pickup Paling Unik dan Aneh yang Pernah Dibuat Sepanjang Masa

Truk pikap memiliki daya tarik yang lebih dari sekadar kemampuan menarik beban atau kapasitas muatan. Mereka menawarkan fleksibilitas yang nyata dan kesiapan menghadapi berbagai kebutuhan tanpa persiapan rumit. Bagi banyak pemilik, truk pikap adalah kendaraan yang tak tergantikan, sehingga mereka sering kembali memilih truk setelah mencoba jenis kendaraan lain.

Produsen mobil pun menyadari keunikan truk pikap dan dari waktu ke waktu, mereka bereksperimen dengan desain, tata letak, kemewahan, atau teknologi untuk menciptakan varian truk yang tidak biasa. Berikut adalah 11 truk pikap paling unik dan aneh yang pernah dibuat, yang menawarkan pandangan berbeda terhadap fungsi dan estetika truk.

1. Subaru BRAT
Dibangun dari tahun 1978-1990an, Subaru BRAT hadir sebagai pikap kompak dengan fitur unik dua kursi lompat menghadap belakang di bak truk. Ini membantu mengklasifikasikan BRAT sebagai kendaraan penumpang agar terhindar dari pajak impor AS sebesar 25 persen. BRAT juga menawarkan opsi atap T-top dan sistem penggerak empat roda, menggunakan mesin flat-four 1.6 dan 1.8 liter yang fokus pada efisiensi.

2. Chevrolet SSR
SSR Super Sport Roadster yang diproduksi 2003-2006 adalah tribute bergaya retro dengan sentuhan street-rod. Berbasis platform GM GMT360 yang dipendekkan, SSR menonjol dengan desain mencolok dan mesin V8 bertenaga hingga 390 daya kuda. Kendaraan ini lebih mengedepankan gaya dan performa jalan raya daripada fungsi truk tradisional.

3. Dodge Dakota Convertible
Diproduksi antara 1989 hingga 1991, Dakota Convertible adalah pikap modern pertama dengan atap lunak buka-tutup otomatis. Dikembangkan bersama American Sunroof Corporation, kendaraan ini mempertahankan performa standar dengan mesin 2.5 liter empat silinder atau 3.9 liter V6. Dakot Convertible lebih cocok untuk penggemar gaya hidup terbuka daripada pekerjaan berat.

4. Volkswagen Rabbit Pickup
Diluncurkan tahun 1979, Rabbit Pickup adalah truk kecil berpenggerak roda depan yang dibuat di Pennsylvania. Menggunakan basis mobil ekonomi, truk ini ideal untuk angkutan ringan dan dikenal dengan efisiensi bahan bakarnya yang tinggi, terutama pada versi diesel yang bisa mencapai lebih dari 50 mpg. Ini merupakan alternatif hemat dan praktis di masa ketika truk mulai semakin besar.

5. Ford Ranchero
Diperkenalkan pada 1957, Ranchero mempopulerkan konsep coupe utility dengan kombinasi mobil penumpang dan bak terbuka. Berbasis platform station wagon, seri ini berkembang dengan memasukkan fitur muscle car dan pilihan mesin V8, menjadikannya truk yang nyaman namun bertenaga. Ranchero membuktikan bahwa kegunaan truk tidak harus diukur dari konstruksi body-on-frame.

6. GMC Caballero Diablo
Varian Diablo dari GMC Caballero hadir pada akhir 1970an dengan desain flamboyan lengkap dengan cat api, krom mengilat, dan decal mencolok. Mesin berkisar dari V6 sampai V8, kendaraan ini menyatukan kebutuhan ringan dan penampilan mencolok. Caballero Diablo menunjukkan bahwa truk bisa bergaya nyentrik sekaligus fungsional.

7. Studebaker Champ
Diperkenalkan awal 1960-an, Studebaker Champ menggunakan depan sedan Lark dipasangkan dengan rangka truk untuk menciptakan kendaraan unik. Memiliki fitur inovatif seperti jendela belakang geser dan interior yang lebih halus, Champ memberikan kenyamanan mirip mobil pada truk ringan. Ini bukti inovasi dan adaptasi praktis dalam industri otomotif yang tidak biasa.

8. Lincoln Blackwood
Blackwood merupakan percobaan Lincoln tahun 2002 dalam membuat truk mewah. Dengan penggerak roda belakang dan bak berlapis karpet mewah, kendaraan ini lebih mengutamakan presentasi dibandingkan kemampuan angkut. Produksi yang terbatas sekitar 3.300 unit mencerminkan ketidaksesuaian antara kemewahan dan fungsi truk konvensional.

9. Cadillac Escalade EXT
Escalade EXT debut pada 2002 dengan filosofi mewah dan fleksibilitas, menggabungkan citra Escalade dengan bak truk menggunakan sistem mid-gate yang memperluas ruang kargo. Ditenagai oleh mesin V8 besar, kendaraan ini menekankan kenyamanan dan gaya, menyasar konsumen yang menghargai kemewahan tapi tetap membutuhkan fungsi angkut.

10. Mazda Rotary Pickup (REPU)
Mazda REPU yang diproduksi 1974-1977 adalah satu-satunya pikap produksi di AS dengan mesin rotary Wankel 1.3 liter. Mesin ini menghasilkan sekitar 110 hp dengan karakter lebih menyerupai mobil sport. REPU memiliki daya angkut ringan dan menjadi kendaraan unik yang menggabungkan teknologi rotary dengan fungsi truk.

11. Fiat Strada Adventure Locker
Model ini populer di Brasil dengan dimensi ringkas dan fitur kunci diferensial elektronik untuk meningkatkan traksi off-road di permukaan kasar. Mesin empat silinder kecil menekankan efisiensi dan daya tahan, sangat cocok untuk kebutuhan perkotaan atau pedesaan di pasar yang menuntut kendaraan mungil namun tangguh.

Setiap truk di atas mengusung konsep yang tak biasa, baik melalui desain, teknologi, maupun tujuan penggunaan. Mereka menunjukkan bahwa percobaan dalam dunia truk pernah sangat beragam dan kadang di luar ekspektasi pasar tradisional. Beberapa berhasil menarik perhatian khusus, sementara yang lain menjadi niche yang unik dalam sejarah otomotif. Kendati tren saat ini mendukung truk yang lebih besar dan mewah, kendaraan-kendaraan ini mengingatkan pentingnya inovasi dan keberanian dalam menciptakan sesuatu yang berbeda.

Berita Terkait

Back to top button