Tim Cain Ungkap Kriteria Penting Immersive Sim yang Juga Jadi Rahasia RPG Berkualitas

Immersive simulation atau immsim adalah genre permainan yang sering sulit didefinisikan secara tepat. Banyak orang lebih mudah menyebutkan contoh permainan daripada menjabarkan maknanya secara detail.

Tim Cain, salah satu pencipta Fallout, memberikan definisi immsim yang unik lewat kanal YouTube-nya. Ia menganggap elemen-elemen yang membentuk immsim juga merupakan elemen penting dalam RPG yang baik.

Definisi Immsim Menurut Tim Cain

Cain merangkum definisi immersive sim dalam tiga aturan inti yang harus terpenuhi. Pertama, dunia permainan memiliki banyak aturan dasar yang mengatur bagaimana segalanya bekerja.

Kedua, aturan-aturan tersebut saling berinteraksi untuk menghasilkan sistem emergen. Sistem emergen adalah mekanisme yang tidak dirancang secara eksplisit, tapi muncul akibat penerapan aturan dasar tersebut.

Ketiga, pemain dan semua elemen di dalam dunia permainan harus tunduk pada aturan yang sama. Dengan kata lain, dunia itu konsisten dan reaktif terhadap aksi pemain maupun sistem lain.

Cain memberikan contoh Will Wright, pencipta The Sims dan SimCity, sebagai master dalam menciptakan aturan dan sistem emergen yang kompleks. Menurutnya, semakin banyak permainan memenuhi kriteria ini, semakin layak disebut immsim.

Perbedaan Immsim dan RPG

Cain menjelaskan bahwa definisi immersive sim sebenarnya banyak tumpang tindih dengan RPG. Ia bahkan pernah mencoba mendefinisikan RPG, yang dianggapnya lebih sulit karena jumlah genre RPG jauh lebih banyak dan beragam.

Namun, fokus Cain adalah menunjukkan bahwa elemen interaktif dan aturan kompleks yang menciptakan berbagai sistem dinamis adalah ciri khas keduanya. Oleh sebab itu, games dengan sistem gameplay terbuka yang memungkinkan berbagai pendekatan dan hasil bisa masuk kategori ini.

Contoh Permainan dan Kontroversi Klasifikasi

Permainan seperti Dishonored jelas diterima sebagai immersive sim karena memiliki level terbuka dan banyak sistem yang merespons aksi pemain. Namun, permainan lain seperti Far Cry Primal meski memiliki beberapa kesamaan, biasanya tidak dianggap sebagai immsim oleh komunitas penggemar genre ini.

Contoh lain yang menarik adalah The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom. Permainan ini memenuhi aturan Cain berkaitan dengan sandbox dan interaksi aturan, tapi masih kontroversial jika disebut immersive sim.

Diskusi soal genre ini memang sering terjadi dan sulit mencapai kata sepakat. Namun, klasifikasi ini penting dalam memahami gaya permainan dan membantu pemain menentukan preferensi mereka.

Manfaat Definisi Genre bagi Dunia Gaming

Penamaan genre seperti immersive sim dan RPG memberikan bahasa yang memudahkan pembahasan dan analisis game. Meskipun ada batasan dan ketidakjelasan, istilah ini tetap membantu dalam mendeskripsikan pengalaman bermain yang kompleks.

Cain mencontohkan bahwa jika Anda penggemar game seperti System Shock atau Dishonored, maka Anda kemungkinan besar akan menyukai Skin Deep, yang disebut PC Gamer sebagai immersive sim terbaik pada 2025.

Ringkasan Aturan Immersive Sim Menurut Tim Cain

  1. Dunia permainan memiliki banyak aturan dasar yang mengatur segala aspek.
  2. Aturan tersebut saling berinteraksi membentuk sistem emergen.
  3. Pemain dan semua elemen harus ikut mematuhi aturan yang sama.

Definisi ini memberikan kerangka kerja yang jelas sekaligus fleksibel dalam memahami immersive sim. Ini membuka ruang untuk perdebatan sekaligus apresiasi terhadap kerumitan game modern yang menggabungkan berbagai elemen interaktif.

Dengan pendekatan ini, genre immersive sim tidak hanya menjadi label, melainkan juga cerminan kualitas desain game yang membuat pengalaman bermain lebih hidup dan penuh pilihan. Tim Cain berhasil menunjukkan bahwa definisi genre ini bisa bermakna luas, tetapi tetap berakar pada prinsip gameplay yang mendalam dan saling berhubungan.

Exit mobile version