Mitsubishi Destinator hadir di pasar otomotif Indonesia membawa mesin turbo 163 PS yang menjadi salah satu keunggulannya dalam bersaing di segmen SUV 7-seater. Semua varian Destinator, mulai dari GLS hingga Ultimate Premium, menggunakan mesin turbo dengan tenaga besar, fitur yang biasanya hanya ditemui pada mobil kelas atas.
Mesin turbo yang digunakan bukan benar-benar baru, namun dikembangkan dari basis mesin Mitsubishi Eclipse Cross dengan sejumlah peningkatan. Pada Destinator, mesin berkode 4B40 mampu menghasilkan daya 163 PS, sedangkan pada Eclipse Cross hanya 150 PS. Perbedaan utama ada di penggunaan intercooler water-to-air yang membuat mesin lebih stabil dan bertenaga, seperti dijelaskan oleh Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar.
Performa Mesin Turbo yang Kompetitif
Pengujian pada Mitsubishi Destinator menunjukkan akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 8,2 detik dengan hanya pengemudi di dalam mobil. Angka ini terbilang impresif untuk SUV 7 penumpang di kelasnya. Konsumsi bahan bakar pun cukup efisien, mampu mencapai 17,7 km/liter pada kecepatan konstan dan rata-rata 10,5 km/liter di situasi perkotaan.
Transmisi CVT yang digunakan mendukung respons mesin turbo yang responsif meskipun tanpa mode paddleshift atau manual shift. Respons girboks CVT dinilai tidak lemot dan cocok untuk pengendara yang mengutamakan kenyamanan, sekaligus tetap mampu menghadirkan sensasi berkendara yang menyenangkan.
Harga dan Varian Mitsubishi Destinator
SUV ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 395 juta hingga Rp 505 juta untuk wilayah Jabodetabek. Semua varian sudah menggunakan mesin turbo yang sama, memberikan value for money lebih bagi konsumen dibandingkan sejumlah kompetitor yang umumnya mesin turbo hanya dihadirkan pada varian tertinggi.
Daftar Keunggulan Mesin Turbo Mitsubishi Destinator:
- Seluruh varian dibekali mesin turbo 163 PS, bukan hanya tipe tertinggi
- Intercooler water-to-air menjaga performa tetap stabil
- Akselerasi dan konsumsi bahan bakar kompetitif di kelasnya
- Perawatan mesin mudah, tidak berbeda dengan mesin non-turbo
- Harga bersaing, memberikan nilai lebih dibandingkan merek lain
Tips Perawatan Mesin Turbo Destinator
Mesin turbo memang dikenal membutuhkan perhatian lebih. Namun Mitsubishi memastikan perawatan mesin turbo milik Destinator tetap sederhana layaknya mesin bensin biasa. Berikut beberapa tips perawatan yang dianjurkan:
- Melakukan penggantian oli mesin secara berkala dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan.
- Gunakan bahan bakar beroktan minimal 95 untuk menjaga performa dan efisiensi turbo.
- Periksa serta jaga kebersihan filter udara agar pasokan udara ke turbo tetap optimal.
- Panaskan mesin beberapa menit sebelum digunakan supaya sirkulasi oli dan pelumasan tetap berjalan baik.
Dengan kekuatan mesin turbo 163 PS di semua varian, Mitsubishi Destinator berhasil menawarkan pilihan segar di pasar SUV keluarga. Mobil ini tidak hanya mampu bersaing secara performa dan harga, tapi juga memberikan kemudahan dalam hal perawatan. Konsumen yang mencari SUV 7-seater bertenaga dan efisien dapat mempertimbangkan Destinator sebagai salah satu kandidat utama di kelasnya.
Baca selengkapnya di: otodriver.com